Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang Perdana

Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang Perdana

Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang Perdana

Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang Perdana

AGEN DOMINO 99
Pesawat terbesar di dunia, Stratolaunch yang memiliki dua badan pesawat dan enam mesin Boeing 747, baru saja merampungkan uji coba pertama pada hari Sabtu (13/4/2019) waktu setempat di California, AS. Jet gergasi tersebut melakukan penerbangan perdananya di atas gurun Mojave. DominoKiuKiu

Stratolaunch sendiri dirancang untuk mengantar satelit ke luar angkasa lalu kembali ke Bumi. Cara ini disebut lebih fleksibel dan hemat biaya ketimbang mengandalkan roket peluncur. Satu-satunya yang dibutuhkan hanyalah landasan panjang untuk lepas landas. Pesawat tersebut dibangun oleh perusahaan teknik Scaled Composites.

1. Rentang sayap Stratolaunch mencapai 117 meter
Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang PerdanaPesawat ini pantas disebut raksasa. Rentang sayapnya lebih panjang dari lapangan sepak bola, atau sekitar 1,5 kali dari Airbus A380. Rinciannya, rentang sayapnya adalah 117 meter sedang si pesawat komersial terbesar hanya berukuran di bawah 80 meter. DominoKiuKiu

Baca Juga: Demi Kesehatan, Orang Indonesia Rela Terbang ke 4 Negara Ini Lho

Dalam uji coba selama dua jam tersebut, Stratolaunch mencapai kecepatan tertinggi yaitu 304 kilometer per jam serta mencapai ketinggian 17.000 kaki, atau 5.182 meter dari atas permukaan tanah.

“Penerbangan pertama yang luar biasa,” kata Jean Floyd, selaku CEO Stratolaunch seperti dilansir oleh AFP. “Penerbangan hari ini membuka jalan bagi misi kami untuk memberi alternatif akan sistem peluncuran satelit dari darat,” tambahnya.

2. Stratolaunch lahir dari gagasan Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft
Stratolaunch sendiri lahir dari gagasan dan dibiayai langsung oleh Paul Allen, salah satu pendiri perusahaan peranti lunak terkemuka Microsoft, sebagai cara agar perusahaan swasta bisa menawarkan jasa peluncuran satelit berukuran kecil. Namun Allen meninggal pada Oktober tahun lalu, sehingga masa depan perusahaan sempat dirundung ketidakpastian. DominoKiuKiu

“Ini adalah momen yang emosional bagi saya, melihat sendiri burung yang agung ini terbang, melihat mimpi Paul Allen menjadi nyata di hadapan mata kepala saya sendiri,” lanjut Floyd dalam konferensi. Ketika pesawat lepas landas, Floyd dengan suara bergetar berkata, “Saya membisikkan ‘terima kasih’ kepada Paul karena mengizinkan saya menjadi bagian dari pencapaian luar biasa ini.”

Baca Juga: 8 Rumah di Film Kartun Terkenal yang Dibangun di Dunia Nyata, Keren!

3. Rekor pesawat terbesar sebelumnya dipegang oleh Hercules H4
Pesawat Terbesar di Dunia Rampungkan Uji Coba Terbang PerdanaThe Guardian menyebut jika rekor pesawat terbesar sebelumnya dipegang oleh Hercules H4 yang dilengkapi delapan mesin H4 yang bertugas selama Perang Dunia II. Pesawat tersebut dijuluki Spruce Goose (Angsa Cemara), lantaran berbahan dasar kayu dan termasuk pesawat amfibi. Lebar sayapnya sekitar 97,5 meter. DominoKiuKiu

Jika menilik catatan rinci, Stratolaunch pantas diberi label pesawat terbesar di dunia saat ini. Dia mengungguli pesawat bermesin enam Antonov AN 225 buatan Rusia, yang panjangnya 84 meter, serta Boeing 747-8 dengan panjang sayap 76,3 meter.

NOTE : Jangan lupa tetap mendukung halaman ini dengan cara bermain DominoKiuKiu dengan Agen Domino 99 terbaik dan terpercaya di Agoda Poker.(*)